Cari

Senin, 08 April 2019

Sahai Tingang, Menarik Jadi Objek Wisata

Di Kalimantan Tengah, tepatnya di wilayah Desa Taja Urap Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas, terdapat salah satu sumber daya alam berupa air terjun yang dinamakan masyarakat setempat Sahai Tingang.

 

Letak air terjun Sahai Tingang tersebut berjarak sekitar 500 meter dari pusat permukiman desa Taja Urap, sedangkan akses menuju ke desa Taja Urap dari ibu kota kecamatan dapat melalui jalan yang dibuat oleh perusahaan yang terlebih dahulu menyebrangi sungai kahayan dengan sebuah veri yang terdapat baik di desa Teluk Lawah maupun di desa Kasintu.

Bagi masyarakat desa Taja Urap, keberadaan air terjun Sahai Tingang memberikan manfaat langsung, yaitu sebagai sumber mendapatkan air bersih, dan sumber penggerak listrik desa dimana berupa Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Air terjun Sahai Tingang memiliki ketinggian sekitar 12 meter, di sekitarnya terdapat berbagai jenis pohon hutan dan semak yang cukup lebat. Pada sisi kanan air terjun terdapat sebuah tangga kayu yang dibuat pada saat pembangunan PLTMH.

Melihat potensi yang ada, memungkinkan untuk di jadikan salah satu objek wisata yang menarik di kunjungi. Untuk mengoptimalkan potensi yang ada, Pemerintah Desa Taja Urap melalui dana desa melakukan pembangunan peningkatan akses jalan roda 4 berupa jembatan kayu dan rabat beton, dengan harapan untuk mempermudah akses masyarakat dalam pemeliharaan sarana prasarana yang telah terbangun pada area tersebut, serta mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung ke Sahai Tingang. Selain itu, Pemerintah Desa Taja Urap juga melakukan penanaman bibit buah rambutan pada sisi kiri kanan jalan bersama-sama dengan masyarakat desa Taja Urap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar